Jumat, 06 Mei 2011

Aplikasi Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN

ABSTRAK

 

Istikomah, Aplikasi Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Prof. Dr. HM Djunaidi Ghony.

            Kata kunci: Metode Jigsaw, Motivasi, Pendidikan Agama Islam.

 

            Salah satu cara agar tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan metode yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar.

            Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya monoton seperti ceramah, dan hal tersebut kurang efektif dalam mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hal yang lebih penting lagi adalah siswa kurang bergairah dan merasa tertekan terhadap pembelajaran guru yang selalu menerapkan metode tersebut.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan kerja siswa sehingga dengan penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dikelas III D SMPN 4 Batu.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah siswa kelas III D SMPN 4 Batu yang berjumlah 40 orang siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, data tentang kegiatan pembelajan jigsaw yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan serta data hasil belajar yang diambil dengan memberikan pre tes dan hasil setelah pembelajaran kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus:

 

P = Postrate – Base Rate  x 100 %

                           Base Rate

            Sedangkan untuk tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) reduksi data, (2) paparan data, dan (3) penarikan kesimpulan.

            Hasil Penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tehnik jigsaw memberikan banyak kontribusi diantaranya mudahnya siswa memahami materi melalui diskusi, siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran materi pendidikan agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dari proses belajar siswa kelas IIID, maka dapat diperoleh hasil pre tes peningkatan motivasi yang pada awalnya rata-rata 1,6 dan pada siklus I sebesar 2,1 atau terjadi peningkatan 31,25 %. Pada siklus II hasil observasi menunjukkan peningkan sebesar 2,6 atau 23,8 %. Pada siklus III hasil observasi menunjukkan peningkatkan sebesar 3,2 atau 23,1%.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Al-Qur'an dan Terjemahnya (Surabaya: Surya Cipta Aksara, 1993)

Anselm Strauss dan Juliet Corbin. 1997. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Prosedur, Tehnik, dan Teori. Surabaya: Bina Ilmu Ofset.

 

Arifin, M. 1993. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

 

Bahri, Syaiful Djamarah dan Zain Aswan. 1997. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

 
Daradjat, Zakiah dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daud, Ma'mur.1993. Terjemah Shohih Muslim. Jakarta: Widjaya.

Hidayat, Komaruddin,. 1996. Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif  Yogyakarta: YAPENDIS.


Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

http://telaga.cs.ui.ac.id/Metodologi Penelitian/laporan4/kelompok5.doc.

http://telaga.cs.ui.ac.id/WebKuliah/MetodologiPenelitian/laporan4/kelompok5.doc

Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Majid Abdul dan Andayani Dian. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetens.i Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya 

Murni, Wahid. 2005. Penelitian Pembelajaran Apa dan Bagaimana. Makalah Disampaikan Dalam Rapat Persiapan Pembekalan Mahasiswa PKLI Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Malang.


Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatifi, Tjejep Rohendi Rohidi "Terj". Jakarta: Universitas Indonesia.

 

Margono. ,2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran kontekstual (CTL) dan Penerapan Dalam KBK. Malang: UM PRESS.

 

Purwanto, Ngalim. 1992. Psikologi Pendidikan.  Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rohani Ahmad dan Abu Ahmadi. 1991. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramayulis. 1998 Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kalam Mulia.

Rusyan, Tabrani dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Karya.

Tafsir. 1993. Metodologi Pengajaran Pendidikan Islam.  Bandung: Rosdakarya.

Subroto, Suryo. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman A. M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, Melvin L. 2004. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Raisul Muttaqien "Terj" Bandung: Nusamedia dengan Penerbit Nuansa.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendekatan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Soedarso, F. X. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional.

 

Surakhmad,Winarno. 1989. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metoda Tehnik Bandung: Tarsito.

 

Tri, Iin Rahayu dan Ardi Tristiadi Ardani. 2004. Observasi Dan Wawancara Malang: Banyumedia.

 

Uhbiyati, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Zaini, Hisyam dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Zuhairini dan Abdul Ghofir. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press. 

BAGI YANG MAU SKRIPSI INI SECARA LENGKAP SEBAGAI REFERENSI SILAKAN HUB 085646047087
kode : AP-02

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar